Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 18:48 WIB

Kalahkan Belgia, Prancis Maju ke Final

Oleh : Reza Adi Surya | Rabu, 11 Juli 2018 | 03:04 WIB

Berita Terkait

Kalahkan Belgia, Prancis Maju ke Final
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Saint Petersburg - Prancis melaju ke final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Belgia 1-0. Gol tunggal Prancis dicetak Samuel Umtiti.

Bertanding di Saint Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB, Belgia memulai pertandingan dengan lebih banyak menguasai bola. Sementara Prancis lebih banyak menunggu.

Peluang pertama diraih Belgia pada menit ke-15. Tendangan kaki kiri dilepaskan Hazard dari sisi kiri dalam kotak penalti. Tapi, arah bola masih melenceng di kanan gawang.

Tiga menit berselang, giliran Prancis yang mengancam. Tendangan balik badan yang dilakukan Matuidi di dalam kotak penalti berhasil ditepis kiper Belgia, Courtois.

Menit ke-21, Belgia hampir mencetak gol. Tendangan penjuru dilepaskan Chadli ke kotak penalti. Bola jatuh di dekat Alderweireld. Bek Tottenham Hotspur itu melakukan tendangan sambil membalikkan badan. Beruntung bagi Prancis, bola bisa tepis dengan sempurna oleh kiper Lloris.

Belgia banyak menguasai bola di 15 menit awal. Tapi, Prancis mulai bisa menemukan ritme permainan selepas menit ke-30. Peluang didapat Les Bleus di menit ke-31. Umpan Pavard ke kotak penalti ditanduk Giroud, tapi bola masih melebar.

Kans terbaik didapat Prancis di menit ke-39. Mbappe melakukan umpan flik ke arah Pavard. Bek kanan tersebut melepaskan tendangan dari sisi kanan dalam kotak penalti. Sayang, bola mengenai kaki Courtois dan melenceng di kiri gawang. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua berjalan enam menit, Prancis mampu mencetak gol. Tendangan penjuru yang dilepaskan Griezmann mampu ditanduk dengan sempurna oleh Umtiti.

Belgia hampir menyamakan skor di menit ke-65. Umpan silang Mertens dari sayap kanan ditanduk Fellaini. Sayang, arah bola masih melenceng di kanan gawang.

Menit ke-81, Belgia mendapat peluang lagi. Kali ini tendangan keras dilepaskan Witsel dari kotak penalti. Namun, bola berhasil ditinju oleh Lloris.

Di waktu tersisa, hampir semua pemain Belgia membantu penyerangan. Akibatnya, Prancis mampu beberapa kali mengancam lewat serangan balik cepat.

Dua peluang didapat Prancis di masa injury time melalui Griezmann dan Tolisso. Tapi, bola bisa diemntahkan Courtois. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Prancis melaju ke final Piala Dunia 2018 dan akan menghadapi pemenang antara Inggris melawan Kroasia yang bertanding Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

Susunan pemain

Belgia: Thibaut Courtois; Vincent Kompany, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Axel Witsel; Nacer Chadli (Batshuayi 90'), Mousa Dembele (Mertens 60'), Maroaune Fellaini (Carrasco 80'), Kevin De Bruyne; Romelu Lukaku, Eden Hazard.

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; N'Golo Kante, Paul Pogba; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi (Tolisso 86'); Olivier Giroud (N'Zonzi 85').

Komentar

Embed Widget
x