Tutup  
inovasi portal berita
Sabtu, 25 Oktober 2014 Follow: Facebook twitter Dollar Kurs BI: 1 US Dollar = Rp.12,034.00   Mobile Mobile   Newsletter Newsletter   RSS RSS

Kecewa dengan HaloBCA

Headline
Oleh:
Senin, 2 April 2012 | 00:09 WIB


 



Pada 24 Maret 2012, saya mengajukan permohonan pengubahan data nomor ponsel saya melalui Halo BCA di nomor 021-500888 karena saya memiliki nomor aktif yang baru.



Oleh Customer Service BCA, saya diberikan No incident: 16723833. Saat saya menelepon Halo BCA kembali (27 Maret 2012 jam 15:40), Customer service BCA mengatakan bahwa statusnya adalah masih "in process".



Saya kemudian disarankan untuk menelpon kembali malam hari nanti karena BCA tidak bisa menjanjikan kapan bisa diselesaikan prosesnya (keterangan dari Customer Service adalah mereka hanya bisa menambahkan keterangan utk diproses lebih cepat pada pelaporan incidentnya).



Pada 29 Maret, saya menelpon HaloBCAkembali, dan BCA menyatakan bahwa laporan saya sudah selesai diproses dan nomor ponsel saya sudah di-update ke nomor baru.



Namun anehnya, pada saat saya mencoba melakukan e-payment yang mengharuskan saya untuk konfirmasi kode transaksi via ponsel, sistem menyatakan transaksi gagal karena tidak dapat menghubungi nomor saya, yang ternyata tertulis masih no ponsel yang lama.



Demikian juga saat saya mencoba mendaftar fasilitas Klikpay, ternyata tidak bisa juga.



Bagaimana mungkin nomor ponsel saya yang lama masih tertera untuk konfirmasi, padahal BCA menyatakan data sudah diu-pdate?



Pertanyaan saya, apakah memang sesulit atau sekompleks itukah pengubahan data nomor ponsel di sistem BCA?



Karena saya rasa waktu selama itu sudah lebih dari cukup untuk mengubah data nomor ponsel saya. Apalagi update data ini adalah merupakan niat baik saya kepada BCA untuk selalu menginformasikan data terbaru saya.



Kalau problem yang terjadi adalah problem yang sifatnya besar/ kompleks, terntunya saya juga akan mengerti kalau waktu penyelesaian dibutuhkan untuk memperbaiki. Namun kalau hanya masalah perubahan data no hp, rasanya waktu selama ini sudah bisa dikatakan 'keterlaluan' lambatnya.



Saya rasa dari sisi SLA (Service Level Agreement), waktu yang telah ditetapkan oleh BCA untuk penyelesaian incident ini pastilah sudah terlewati (Konfirmasi dari Customer Service BCA tenggat waktu SLA incident saya adalah hingga tanggal 27 Maret 2012 jam 15:00).



Apakah ada prosedur khusus di BCA bagi SLA yang tidak tercapai? Ataukah itu bukan masalah penting bagi BCA? Apakah dalam hal ini BCA paling tidak bisa mengkonfirmasikan prosesnya daripada customer yang harus menghubungi kembali, mengingat SLA memang tidak tercapai?



Hingga tulisan ini dimuat (30 Maret 2012 jam 10:00), permasalahan update data saya belum terselesaikan oleh BCA. Saya masih saja kesulitan melakukan transaksi yang mengharuskan saya untuk mengkonfirmasi melalui ponsel (mis. Klikpay, secure e-payment, dsb) karena belum ter-update-nya data nomor ponsel saya.



Bagaimana ini BCA? Apakah memang tidak ada jalan keluarnya untuk mengupdate data nomor ponsel saya? Apakah memang update nomor ponsel memang begitu kompleks dan sulitnya hingga membutuhkan waktu selama ini?



Mudah-mudahan ada team management BCA yang membaca tulisan saya ini sehingga BCA bisa berkaca diri dan memperbaiki profesionalitasnya di kemudian hari, termasuk untuk hal-hal sepertinya sepele seperti hal yang saya alami ini.



Terima kasih.



 



Wayan Krisnayuda



Kedoya, Jakarta Barat



iwky77@gmail.com



08111007577

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi disini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !
BERITA TERKINI
BERITA POPULER