Jumat, 31 Oktober 2014 | 13:52 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Siapa Mau Pindah ke Planet Mars?
Headline
seerpress.com
Oleh: Vina Ramitha
web - Senin, 1 November 2010 | 08:38 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Washington - Badan antariksa AS (NASA) mencari relawan untuk tinggal di Planet Mars. Namun, tak ada jaminan perjalanan pulang bagi yang tawaran ini.

NASA melakukan hal ini dalam rangka mencari kemungkinan hidup berkoloni di Mars, yang masih dikategorikan dunia lain. Calon penghuni akan mendapatkan pasokan dari bumi. Namun mereka takkan dipulangkan, mengingat biayanya yang mahal.

NASA menyatakan telah menerima dana lebih dari US$1 juta untuk memulai proyek ini di Ames Research Centre, California. Direkturnya, Pete Worden, mengklaim manusia bisa hidup di Mars pada 2030, meski kondisi planet itu tak memungkinkan.

"Program luar angkasa manusia saat ini fokus pada menetap di dunia lain. Dua puluh tahun lalu, ide ini bisa disampaikan dengan bisik-bisik atau Anda bisa dipecat," katanya.

Worden juga menyampaikan telah berdiskusi dengan salah satu pendiri Google, Larry Page mengenai ide perjalan satu arah ke Mars. Menurut para ilmuwan, membawa mereka pulang kembali bisa menelan biaya yang sangat tinggi.

Perjalanan mengirimkan 20 astronot ke planet merah tanpa perlu kembali, setara dengan biaya empat astronot dari bumi-Mars-bumi. Dengan bahan bakar nuklir, perjalanan itu akan memakan waktu empat bulan.

Di antara seluruh planet pada tata surya, Mars adalah yang paling memiliki kedekatan pada bumi. Sehingga para ahli bertaruh megenai rencana menghuni planet tersebut. Namun, suhu permukaannya terlalu rendah dan atmosfer dipenuhi karbon dioksida sehingga membutuhkan pasokan oksigen. [ast]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
3 Komentar
internet center
Minggu, 14 November 2010 | 21:49 WIB
kirim aja orang-orang stress ke sana, pasti pada mau smua. dari pada nyari relawan orang waras, gak bakalan ada yang mau. bego banget orang yang punya tawaran ini.
dapurvulkan
Kamis, 4 November 2010 | 02:57 WIB
Saya sekeluarga kebetulan ada 4 anggota saya percaya dan yakin bisa Kami Jalani dan Jika Kami sekeluarga dianugrahi kesempatan tersebut
raihanrizkihandono
Selasa, 2 November 2010 | 15:02 WIB
komentar sayasi tidakmungkin
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER