Kamis, 23 Oktober 2014 | 06:54 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kapal Iran Keroyok Kapal Perang AS di Selat Hormuz
Oleh:
web - Selasa, 8 Januari 2008 | 08:48 WIB
INNChannels, Washington - Kapal-kapal cepat bersenjata Iran dilaporkan mengerumuni tiga kapal perang Amerika Serikat di Selat Hormuz.

"Kami akan mendatangi Anda dan Anda akan meledak beberapa menit lagi," ungkap seorang pejabat Departemen Pertahanan AS, mengutip ancaman lewat radio pemancar Iran.

Awak yang ada di kapal cepat itu juga menjatuhkan kotak-kotak ke laut di jalur salah satu kapal AS, kata pejabat lainnya.

Pemerintah AS menuduh Iran melakukan provokasi dan sikap yang bisa dianggap bermusuhan.

AS juga berikrar "kami menghadapi sikap Iran jika membahayakan atau sahabat-sahabat kami dan sekutu di wilayah tersebut."

Insiden itu terjadi hanya beberapa hari menjelang kunjungan Presiden George W. Bush untuk memperkuat proses perdamaian Palestina-Israel.

Bryan Whitman, juru bicara Pentagon, mengatakan tiga kapal perang AS -- satu kapal penjelajah, satu kapal perusak dan satu fregat-- mengeluarkan peringatan dan menghindar saat kapal Iran mendekat.

"Angkatan Laut AS mengambil langkah sesuai prosedur dalam keadaan seperti ini dan sudah siap untuk melakukan eskalasi jika diperlukan," katanya.

"Ini adalah insiden serius." kata Whitman. "Ini, seperti sudah saya bilang, serampangan, gegabah, dan kemungkinan merupakan kegiatan manuver pihak musuh."

Tak ada tembakan dilepaskan saat insiden yang menurut Whitman berlangsung antara 15 sampai 20 menit pada hari Minggu pagi 0400 GMT (11:00 WIB).

"Kami mendesak pihak Iran untuk menahan diri dari tindakan provokatif seperti itu karena bisa mendatangkan insiden berbahaya di masa mendatang," kata Gordon Johndroe, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Sean McCormack, mengatakan banyak dukungan di wilayah itu bagi Washington untuk menghadapi sikap Iran yang membahayakan.


Kedatangan kapal-kapal cepat Iran ke kapal perang AS itu bukan sesuatu yang biasa namun hal itu pernah terjadi.

"Kami belum lama ini mengalami kejadian serius seperti ini," kata Whitman.

"Saya tidak tahu apa maksud mereka. Sudah jelas hal ini pantas untuk mendapatkan penjelasan," katanya.

McCormack mengaku Washington hanya punya sedikit penglihatan mengenai Iran yang "proses pengambilan keputusannya yang sangat sulit dimengerti"

Penggunaan kapal cepat bersenjata dan manuver agresif itu cocok dengan profil operasi dari Korps Pengawal Revolusi Iran, dibanding angkatan laut Iran.

Whitman mengatakan USS Port Royal, USS Hopper dan USS Ingraham sedang melewati Selat Hormuz menuju ke Teluk saat kapal-kapal Iran mendekat dengan cepat.

"Lima kapal cepat Iran dapat dikatakan mengerumuni tiga kapal perang AS saat mereka melintasi perairan internasional," kata seorang pejabat Pentagon.

Perahu cepat itu berjarak hingga beberapa ratus meter dari kapal-kapal AS, kata pejabat itu.


Pada 23 Maret 2007, Iran menangkap 15 pelaut dan marinir Inggris di Teluk dan menahan mereka selama hampir dua pekan dengan alasan memasuki perairan Iran.

Pihak Inggris bersikukuh para pelaut tersebut sedang melakukan patroli rutin anti penyelundupan minyak di perairan Irak sesuai mandat PBB.

Teheran akhirnya melepaskan para pelaut dan marinir itu pada 4 April.[Ant/AFP/L2]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER