Rabu, 3 September 2014 | 11:34 WIB
Follow Us: Facebook twitter
ESL Express tak Pernah Tepati Janji
Headline
istimewa
Oleh:
web - Selasa, 19 Januari 2010 | 16:54 WIB
Saya adalah pelanggan ESL Express. Saya mengirim paket dari Yogyakarta tujuan Lubuk Sikaping-Pasaman, Sumatera Barat melalui agen ESL Express (Quickie laundry), Jalan Selokan Mataram 7A Pogung Kidul, Sleman, Yogyakarta, dengan nomor pengiriman IF 096555 pada 10 Desember 2009, dengan catatan pengiriman Antar.

Sebelum pengiriman saya lihat dari tabel daftar tujuan tidak ada tujuan ke Pasaman, tetapi ada tujuan ke Padang Panjang. Kemudian saya menanyakan kepada petugas ESL Express itu, bisakah dikirim ke Pasaman karena dari Padang Panjang ke Pasaman kira-kira tiga jam perjalanan, maka petugas itu menghubungi seseorang melalui telepon dan dinyatakan bisa. Saya pun mengirim paket itu, dan dijanjikan paket tiba di alamat paling lambat tujuh hari.

Namun setelah ditunggu-tunggu si penerima paket belum juga menerima paket sesuai jadwal. Setelah kira-kira 10 hari kemudian, barulah saya dihubungi ESL Express Padang Panjang melalui telepon bahwa barang tidak bisa dikirim karena penerima tidak mau mengambil barang tersebut.

Dan saya menyatakan bahwa sesuai janji yang tertulis pada kwitansi, barang diantar bukan dijemput, tetapi petugas itu tidak mau terima dan menyalahkan petugas ESL Express tempat saya mengirim paket. Kemudian saya mengatakan kalau begitu kembalikan barang saya ke Yogya, dan petugas tersebut menyanggupinya.

Pada 5 Januari 2010, saya mendatangi agen ESL Express (Quickie laundry) dan meminta paket saya. Ternyata paket itu belum ada. Dengan mengemukakan berbagai alasan, dan petugas berjanji akan menghubungi saya. Kemudian esoknya 6 Januari 2010 saya menghubungi agen ESL Express (Quickie laundry) dan meminta paket saya kembali.

Petugas itu tidak dapat memberikan penjelasan yang memuaskan, seolah-olah masa bodoh dengan paket tersebut. Setelah saya desak beliau berjanji paket itu akan saya terima satu minggu kemudian.

Pada 14 Januari 2010 saya menghubungi agen ESL Express (Quickie laundry) dan meminta paket saya, dan petugas ESL tersebut mengatakan paket saya masih belum sampai, dan mengatakan kalau saya kurang berkenan silakan menuntut ganti rugi. Bukannya memberikan solusi tapi malah meresahkan.

Akhirnya saya mendatangi ESL Express Yogyakarta (Jalan Wonosari-Lingkar Timur), dan petugas itu berjanji menghubungi saya pada sore harinya. Namun sampai dua hari saya menunggu, saya tidak juga dihubungi. Akhirnya saya menghubungi ESL Express Yogyakarta (Jalan Mayjend Sutoyo No 46), dan dikatakan barang saya telah "di-return" dan kira-kira empat hari lagi sampai ke Yogya, untuk kepastiannya saya akan dihubungi di malam harinya.

Saya menunggu tetapi tidak dihubungi. Akhirnya saya menghubungi ESL kembali dan dikatakan oleh petugas tersebut bahwa dia tidak mengetahui posisi barang saya, dan menganjurkan saya menghubungi kantor ESL Express kembali keesokan harinya.

Setiap janji yang dijanjikan oleh petugas ESL Express kepada saya tidak pernah dipenuhi dan saya selalu diberi ketidakpastian, dan sampai saat ini saya tidak tahu barang saya berada di mana. Bagaimana ESL Express? Begitukah cara melayani pelanggan? Bisakah bertanggungjawab?

Himawan Susanto
Pogung Kidul, Sleman, Yogyakarta
0852661471XX
himawan1973@yahoo.com [mor]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
23 Komentar
hafidl jidan
Senin, 7 Mei 2012 | 16:21 WIB
nomer resi g bisa di lacak.zaman dah modrn gini..MENYEBALKAN.bagi yg punya bisnis online jgn pake ESL dah/.
Shane
Jumat, 13 April 2012 | 13:19 WIB
Wow, banyak juga yang komplain ya. makasih buat yang sharing pengalaman, ini juga pelajaran berharga buat ane, awalnya mw pake ESL, tapi setelah baca2 semua komen, mending gak jadi
devy
Jumat, 13 April 2012 | 09:42 WIB
apapun couriernya, kalo tujuan kirim adalah kota kecil pasti akan lama sampenya. apalgi kalo tidak ada di daftar tujuan. contoh: saya beli stick golf online di malang, minta dikirim ke talang ubi. loket courier terdekat esl ada di prabumuli, 2 jam dari talang ubi. ketika di telpon untuk mengambil barang di prabumulih, ya saya ambil di prabumulih. kenapa saya mau ambil? karena ongkos angdes PP talang ubi-prabumulih adalah 36-40rb/org. apa mungkin, jika anda jadi courier yang hanya memungut 20rb/kg harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengirim paket ke tujuan yang tidak dilewati (diluar daftar)? apalagi, paket yang dikirim kesana cuma punya satu orang dan sedikit. nombok kaliiiiii saya adalah orang yang sering belanja online dan bekerja di daerah terpencil. ketika saya membeli barang online dan saya rasa ongkir kemahalan, saya akan alihkan ke kurir yang murah, atau alamat kota besar yang biasa saya kunjungi.
diena
Kamis, 12 April 2012 | 14:09 WIB
begitu juga barang paket saya yang dikirim oleh teman saya dari jambi pada tanggal 4 april tetapi sampai sekarang belum juga sampai ke tujuan saya(yogyakarta) bagai mana pelayanan ESL knapa tidak bisa tepat waktu.
liee alen
Jumat, 6 Januari 2012 | 15:58 WIB
emang benar nih ESL Express.. masa dari Yogyakarta tujuan Pwrejo sdh 6 hari blm sampe.. kayanya emang ada yg tidak beres deh sama ESL..
nafi mahardika
Minggu, 4 Desember 2011 | 12:53 WIB
bener bangget. payah
suminah
Selasa, 15 November 2011 | 11:06 WIB
ya....betul2. hari ini kita juga dibikin sakit kepala sama ESL. konsumen ngamuk, agen bloon, ESL lemot...bagi temen yang punya bisnis online, pertimbangkan lagi deh untuk pakai ESL atau reputasi anda akan jatuh, dan jangan sekali kali masukin paket ke agen di terminal2 bus....parah. mereka gak sadar kali dengan papan nama ESL yang dia pasang....resi abal2, waybill gak tahu...tracking apalagi...kalo gak ada perbaikan mending tutup aja hai bapak2 ESL...
kevin
Rabu, 5 Oktober 2011 | 19:25 WIB
Parah...!!!adanya pungli bayangin saja jasa ini ditmpat saya tdak ada kantornya yg ada ketemunya diterminal apa lagi ambil barangya dipinggir jalan mereka ndak mau antr sampe tempat alasanya macam2 yg lebih parah lg minta uang akomodasi bikin ketawa saja karyawan esl
gundul
Selasa, 20 September 2011 | 10:09 WIB
ESL-EXPRESS parah !!!!!! pengiriman tak sesuai!!!!! gak profesional!!!!!!!
sutikno
Sabtu, 17 September 2011 | 07:09 WIB
ESL EKSPEDISI BAJINGAN Brang dagangan saya yg saya kirimkan pake ekspedisi ESL Express dari 3 paket yang saya kirim ada 2 paket hilang isinya. nominalnya kerugian saya Rp 350.000. Dan tidak ada pertanggung jawabannya. KARYAWAN PENCURI DILINDUNGI OLEH ESL EXPRESS..HATI-HATI
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER