Selasa, 21 Oktober 2014 | 23:44 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Meletusnya Gunung Kelud Jadi Perhatian Dunia
Headline
(beritajatim)
Oleh: ikhsan nathabradja
web - Jumat, 14 Februari 2014 | 17:37 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Meletusnya Gunung Kelud ternyata juga disorot oleh berbagai media massa besar di seluruh dunia. Kantor berita Reuters, CNN, BBC, dan Media Australia News.com.au juga turut memberitakannya.

Kantor berita Reuters menurunkan laporan berjudul Volcano Erupts in Indonesia's Java Island; Airports Closed.

Disebutkan meletusnya Gunung Kelud mengakibatkan muntahan abu dan pasir setinggi 17 km dan berimbas kepada tutupnya tiga bandara internasiona, yakni Bandara Juanda di Surabaya, Bandara Adi Sumarmo Solo, dan Bandara Adisucipto Yogyakarta.

"Gunung Kelud terletak di 140 km dari Kota Surabaya, pusat industri utama Indonesia. Akibat gumpalan abu dan asap, bandara di Surabaya, Yogyakarta, dan Solo ditutup," lapor Reuters, Jumat (14/2/2014)

Sementara itu, CNN menurunkan laporannya dalam berita berjudul Indonesian Volcano Erupts on Java; 66,000 Told to Get Out.

"Gunung berapi di pulau utama Indonesia menyemburkan gumpalan asap dan abu vulkanik. Muntahan material abu vulkanik sangat tinggi. Puluhan ribu orang yang tinggal di sekitar gunung pun langsung diungsikan demi keamanan," tulis CNN.

"Pemerintah sebelumnya telah memperingatkan warga dan memperintahkan evakuasi warga yang tinggal hingga radius 10 km," tambah media asal AS itu.

Dari Inggris, BBC melaporkan sejumlah kota di sekitar Gunung Kelud ditutupi abu dengan ketebalan hingga 4 cm.

"Atap beberapa rumah dilaporkan runtuh. Terlihat dengan jelas abu vulkanis berwarna putih di kota terdekat dari gunung berapi, Kediri," lapor BBC dalam beritanya berjudul Mass Evacuation in Indonesia as Java Volcano Erupts.

Media Australia News.com.au juga tak ketinggalan melaporkan dengan menurunkan tulisan berjudul Mount Kelud on Java Island Has Exploded in a Shower of Ash and Gravel.

"Berdasarkan pantauan dari televisi, dilaporkan abu dan batu turun di desa-desa terdekat hingga membuat warga ketakutan. Warga sekitar bergegas pergi meninggalkan rumah menggunakan mobil dan motor menuju pusat evakuasi," tulis News.com.au.

Gunung Kelud adalah gunung berapi aktif di Provinsi Jawa Timur yang berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang. Terletak sekitar 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri, gunung ini dilaporkan erupsi pada Kamis malam (13/2/2014).

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER