Senin, 24 November 2014 | 13:33 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Razia Besar-besaran TKI Ilegal di Malaysia Bocor
Headline
dw.de
Oleh: Bachtiar Abdullah
web - Kamis, 29 Agustus 2013 | 13:06 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Malaka – Imigran gelap, khususnya dari Indonesia, akan beramai-ramai kabur dari Malaysia sebelum hari Minggu ini saat pemerintah Malaysia melakukan razia besar-besaran mengusir pekerja ilegal.

Mereka yang diwancara koran Malaysia The Star menyatakan, bersiap meninggalkan Malaysia denga menyeberangi Selat Malaka lewat pelabuhan Merlimau atau Port Dickson, Negeri Sembilan.

Adi Herawan, pekerja bangunan berusia 33 tahun asal Tulungagung, Jawa Timur, nekat akan menyeberangi Selat Malaka yang supersibuk dengan perahu kecil sebelum hari Mingu.

“Saya nggak mau ditahan di tahanan Imigrasi yang berjubel. Saya pengen pulang,” katanya, seperti ditulis The Star, Kamis (29/8).

Aji bercerita, SMS beredar di kalangan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mengabarkan bakal ada razia besar-besaran. Ia tak mau tertangkap aparat Malaysia.

“Bukan salah saya overstay. Yang harus disalahkan tauke saya yang tak memperpanjang paspor saya.”

“Saya nggak bakal bisa lolos, karena petugas Malaysia tajam penciumannya dan bisa mengendus kehadiran orang asing di antara warga lokal,” ujar ayah dari dua orang anak ini.

Yudho Sudirman, 43 tahun, bercerita harus mencari jalan-jalan tikus untuk kembali ke kampung halamannya di Bandung, Jawa Barat.

“Pertama, kita harus kabur ke Tanjung Rupat di Sumatera sebelum balik ke Bandung,” katanya, sembari menambahkan teman-temannya bakal naik perahu meninggalkan pelabuhan-pelabuhan kecil antara hari Jumat dan Minggu mendatang.

Sementara itu pekerja ilegal asal Bangladesh banyak yakin tak tertangkap dan tetap tinggal di Malaysia. Mereka pede. Mereka bertahan untuk hidup di rantau daripada susah mencari pekerjaan di negaranya.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER