Senin, 22 Desember 2014 | 16:09 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Dunia Mengecam Pembantaian di Mesir
Headline
IST
Oleh:
web - Kamis, 15 Agustus 2013 | 11:20 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Kairo – Dunia internasional mengencam Mesir yang kembali membantai warganya. Pada Rabu (14/8/2013), ratusan warga pengunjuk rasa pro-presiden terguling Mohamed Morsi tewas saat polisi membubarkan aksi unjuk rasa yang mereka lakukan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menyatakan kejadian ini akan semakin menjauhkan proses rekonsiliasi. Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton dan Sekjen PBB Ban Ki-moon juga mengecam tindakan kekuatan dalam pembubaran massa itu.

“Ini merupakan kemunduran. Kekerasan hanya akan membawa pada ketidakstabilan yang lebih luas, bencana ekonomi dan penderitaan,” ujar Kerry di Wasinghton.

Ban Ki-moon menyatakan, “Kami sadar bahwa sebagian besar warga Mesir ingin kedamaian menyertai proses menuju kemakmuran dan demokrasi.”

Catherine Ashton juga mengecam pembunuhan itu. “Hanya upaya yang kuat dari segenap rakyat Mesir dan komunitas internasional yang bisa membawa negeri itu kembali ke jalur demokrasi dan menyelesaikan masalah di Mesir.”

Perdana Menteri Inggris David Cameron menyetakan hal serupa. “Apa yang terjadi di Mesir merupakan transisi demokrasi. Karena itu harus ada kompromi satu sama lainnya.”

Darah kembali tumpah di bumi Mesir, Rabu (14/8/2013). Ratusan orang tewas saat polisi membubarkan massa pendukung presiden terguling Mohamed Morsi yang menduduki sejumlah wilayah di Kairo dan kota lainnya di Mesir.

Pemerintah menyebutkan korban tewas mencapai 149 orang yang hampir seluruhnya merupakan pendukung Morsi yang berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin. Namun, Ikhwanul Muslimin menyebutkan korban tewas mencapai lebih dari 2.000 orang. [tjs]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER