Kamis, 24 April 2014 | 12:50 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Snowden Calon Peraih Nobel Perdamaian 2014
Headline
Oleh: Bachtiar Abdullah
web - Selasa, 16 Juli 2013 | 00:02 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Stockholm – Seorang sosiolog Swedia menominasikan Edward Snowden sebagai calon penerima Hadiah Nobel Perdamaian.

Profesor ini mengatakan, Snowden bisa membantu agar pemberian hadiah Nobel tidak diputuskan secara gegabah, seperti saat Barack Obama menerimanya pada 2009.

Dalam suratnya kepada Panitya Nobel Norwegia, Stefan Svallfors memuji Snowden atas “upaya heroiknya meskipun membahayakan dirinya.” Ia menyatakan dengan mengungkap keberadaan dan skala program-program pengintaian AS, Snowden menunjukkan “dirinya sebagai individu yang bisa berdiri tegak di atas hak-hak asasi dan kebebasan.”

“Contoh ini penting karena sejak pengadilan Nuremberg pada tahun 1945 sudah jelas bahwa slogan ‘Saya hanya mengikuti perintah’ tak pernah diklaim sebagai izin untuk bertindak yang bertentangan dengan hak-hak asasi dan kebebasan,” tulis Profesor Svalltors seperti ditulis RT Onilne, Senin (15/7).

Pengadilan Nuremberg, di Jerman, adalah pengadilan perang pada bulan Oktober dan November 1945 yang diprakarsai oleh Tentara Sekutu terhadap para personel militer Nazi yang membantai banyak orang Yahudi

Ketua Komisi Internasional di Parlemen Rusia (Duma) Aleksey Pushkov menyatakan bahwa AS tak akan membiarkan Hadiah Nobel Perdamaian diberikan kepada Snowden.

“Tidak dalam sejuta tahun AS akan membolehkan Snowden meraih Hadiah Nobel Perdamaian. Tapi nominasi ini sangat penting. Banyak kalangan di Barat melihatnya sebagai kampiun demokrasi,” tulis Puskhov di akun Twitter-nya, Senin.

Sebagai profesor sosiologi di Universitas Umea, yang barusan menjadi universitas terbaik di dunia, Svallfors termasuk kalangan terbatas orang-orang yang boleh mengirimkan nominasi ke panitya Nobel.

Orang-orang yang layak mengusulkan Hadiah Nobel Perdamaian adalah para anggota pengadilan internasional, dewan nasional, rektor universitas, profesor ilmu-ilmu sosial, profesor sejarah, profesor hukum, profesor filsafat dan theologi, direktur lembaga riset perdamaian dan lembaga kebijakan luar negeri.

Nominasi bagi calon peraih Nobel sudah harus dikirim paling lambat pada 1 Februari 2014, agar para nominee yang terbatas jumlahnya itu bisa dibahas oleh para penyelia.

Sejak tahun 1901, saat pertama kali Hadiah Nobel Perdamaian diluncurkan, anugerah ini sudah diberikan kepada ratusan orang.

Tahun lalu tentara AS Bradley Manning yang membocorkan materi rahasia intelijen ASkepada WikiLeaks dinominasikan sebagai calon peraih Hadiah Nobel. Tahun 2011, Julian Assange, pendiri WikiLeaks, dinominasikan sebagai calon penerima Nobel Perdamaian oleh anggota parlemen Swedia, Snorre Valen.

Nominasi Snowden diharapkan akan diulas oleh panitIa untuk anugerah tahun depan. Jika berhasil meraihnya, Snowden bakal menjadi penerima Hadiah Nobel Perdamaian paling muda dalam sejarah.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.