Senin, 22 Desember 2014 | 17:35 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pergerakan Indonesia, Jalan Politik Baru Anas
Headline
Bekas Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum - (Foto: inilah.com)
Oleh: R Ferdian Andi R
web - Sabtu, 29 Juni 2013 | 04:03 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Bekas Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum tak lama lagi akan membentuk organisasi masyarakat (ormas) Pergerakan Indonesia. Halaman baru tampaknya akan dibuka oleh Anas Urbaningrum.

Empat bulan tidak berpolitik praktis sejak mundur dari Ketua Umum Partai Demokrat pada 23 Februari 2013 lalu, sepertinya waktu yang begitu lama bagi Anas Urbaningrum dan para pendukungnya untuk berdiam diri.

Bekas Ketua DPC Partai Demokrat Cilacap Tri Dianto mengatakan para loyalis Anas Urbaningrum bakal membentuk ormas Pergerakan Indonesia. "Para loyalis Mas Anas menyiapkan untuk membentuk ormas," kata Tri Dianto di Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Ormas bentukan para pendukung Anas Urbaningrum ini memang masih serba tertutup. Mulai soal visi misi, platform dan agenda kerja dari ormas ini meski logo ormas ini telah diperkenalkan oleh para loyalisnya. Logo Pergerakan Indonesia memiliki tiga warna dasar yakni merah di bagian atas, putih di bagian tengah dan hitam di bagian bawah.

Tri Dianto menyebutkan kemungkinan besar ormas yang digagas sejumlah loyalis Anas ini bakal dideklarasikan setelah lebaran, Agustus mendatang. Tri hanya menyebutkan Pergerakan Indonesia ditujukan sebagai alat perjuangan untuk membela yang tertindas. "Oleh penguasa yang otoriter," tegas Tri Dianto yang kini juga berprofesi sebagai penyanyi ini.

Saat mengumumkan berhenti dari Ketua Umum Partaai Demokrat pada 23 Fenruari 2013 lalu, Anas mengatakan komitmennya untuk bekrontribusi dan menjaga momentum perbaikan dan peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia. "Yang penting adalah saya akan tetap bersama-sama dalam sebuah ikhtiar untuk membuat Indonesia semakin bagus," kata Anas pada 23 Februari 2013 lalu.

Anas juga mengatakan dirinya akan tetap berkomitmen dan berikhtiar untuk memberikan sesuatu yang berharga bagi masa depan demokrasi. Dalam kesempatan tersebut Anas menegaskan "Ini bukan tutup buku, tapi pembukaan halaman pertama. Saya yakin halaman berikutnya akan bermakna bagi kepentingan kita bersama," tambah Anas.

Sumber INILAH.COM di lingkar dalam Anas Urbaningrum mengatakan ormas Pergerakan Indonesia ini akan dipimpin langsung Anas Urbaningrum dan Sekjen Gede Pasek Suardika. "Langsung dipimpin Anas dan Sekjen Gede Pasek Suardika," sebut sumber tersebut.

Apakah ormas ini akan mengarah menjadi partai politik? Sumber tersebut belum bisa memastikan. Hanya saja, ormas Pergerakan Indonesia ini dimaksudkan sebagai wahana artikulasi para loyalis Anas yang memang tak lagi mendapat tempat di Partai Demokrat sejak dipimpin SBY-Ibas Yudhoyono.

Saat dikonfirmasi ihwal posisi Sekjen Pergerakan Indonesia, Gede Pasek Suadrika tidak membenarkan dan tidak pula membantah.

Akankah Pergerakan Indonesia menjadi takdir politik bagi Anas Urbaningrum dan pendukungnya untuk membentuk partai politik baru? Kita lihat saja. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER