Jumat, 29 Agustus 2014 | 16:58 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Saling Tuduh Soal Halimun Asap Riau
Headline
Kabut asap menyelimuti sejumlah kota di Malaysia - (Foto: bbc)
Oleh: Bachtiar Abdullah
web - Senin, 24 Juni 2013 | 15:02 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Kuala Lumpur – Malaysia menyatakan negaranya dalam keadaan darurat di dua distrik di negara bagian Johor akibat diselimuti asap yang berasal dari pembakaran hutan di Sumatera pada musim kemarau ini.

Polusi udara bergentayangan di Kepulauan Riau, Singapura dan Johor akibat pembakaran hutan ini yang sudah melampaui ambang batas bahaya. Pembakaran ini tentu saja sesungguhnya ilegal dan makin marak pada bulan Juni hingga September mendatang untuk pembukaan ladang-ladang kelapa sawit.

Halimun asap terbanyak berasal dari provinsi Riau yang menyebabkan orang di Batam, Singapura dan Johor Baru terganggu pernapasannya. Tapi pada akhir pekan lalu, asap sudah mendingan di Singapura, menskipun beberapa hari sebelumnya sangat mengganggu.

“Perdana Menteri Najib Tun Razak setuju mendeklarasikan keadaan darurat di distrik Muar serta distrik Ledang, negara bagian Johor, segera diberlakukan,” papar Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan G. Palanivel di akun Face Booknya, tulis Reuters, Senin (24/6).

Palanivel mengatakan indeks polusi udara di dua distrik itu melampai 750. Ini artinya, dua kali lipat lebih dari ambang batas 300 untuk baku polusi udara yang berbahaya. Belum ada jawaban dari PM Najib maupun menteri Palanivel terkait halimun asap ini.

Sementara itu para pejabat di Jakarta menyalahkan perusahaan-perusahaan yang bermarkas di Malaysia dan Singapura seharusnya ikut bertanggung jawab. Dua pemilik ladang kelapa sawit tetangga, Sime Darby - raksasa pertanian Malaysia, dan Grup Wilmar Singapura menyangkal tuduhan itu.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER