Jumat, 31 Oktober 2014 | 21:08 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Presiden Iran Terpilih Bikin AS & Rusia Deg-degan
Headline
Hassan Rohani - IST
Oleh: Bachtiar Abdullah
web - Selasa, 18 Juni 2013 | 13:31 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Lough Erne – Presiden Rusia dan AS sama-sama “khawatir sekaligus optimistis” mengenai masa depan perundingan program nuklir Iran di bawah presiden yang baru terpilih Hassan Rohani.

Rohani, 64 tahun, meraih kemenangan 50,7 persen pada pemilihan presiden Jumat 14 Juni lalu. Ketika menggelar konferensi pers pertama kali setelah penetapan kemenangannya oleh komisi pemilihan presiden Iran ia menyatakan bahwa Iran siap “meredakan ketegangan”.

“Kami berharap bakal ada jalan keluar mengenai program nuklir Iran usai pilpres Iran,” ujar Presiden Rusia Vladimir Putin usai berbincang dengan Presiden AS Barack Obama. Putin bilang, Moskow siap membantu terlaksananya proses negosiasi baik pada level bilateral maupun pada tingkat internasional.

Giliran Obama mengatakan, ia dan Putin sama-sama merasakan “kekhawatiran sekaligus optimisme” mengenai masalah ini dan menyatakan harapannya kepada Iran di bawah kepemimpinan presiden terpilih. “Semua pihak terkait punya kesempatan untuk melangkah menuju dialog.”

Presiden AS ini juga mengatakan bahwa dua negara adi daya nuklir, AS dan Rusia, harus memimpin upaya non-proliferasi dan pelucutan nuklir global. Putin dan Obama juga membahas program nuklir kontroversial Korea Utara. “Kami juga bicara masalah Korea Utara. Kami sepakat menggalakkan kerja sama dalam arah yang sama,” kata Putin, seperti ditulis RIA Novosti Selasa (18/6).

Kedua presiden juga membahas hubungan bilateral, upaya-upaya kontra-terorisme dan masalah-masalah internasional, seperti soal Suriah, dalam perbincangan yang terbuka dan berguna.

Putin dan Obama bertemu di sela-sela KTT G8 di Lough Erne, Irlandia Utara. Pertemuan kedua presiden negara superkuat itu berlangsung selama dua jam, 50 menit lebih lama dari yang direncanakan.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER