Sabtu, 1 November 2014 | 06:21 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Yusuf Nugraha
Pilih Saham Bagus dan Murah!
Headline
Yusuf Nugraha, analis riset Trust Securities - (Foto : inilah.com)
Oleh: Ahmad Munjin
web - Jumat, 14 Juni 2013 | 03:00 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta – Laju IHSG Jumat (14/6/2013) diprediksi melemah seiring penantian pasar atas penaikan harga BBM bersubsidi dan negatifnya sentimen regional. Pilih saham bagus dan murah.

Yusuf Nugraha, analis riset Trust Securities menyodorkan saham-saham pilihan untuk Jumat ini yang dinilainya bagus dan harganya tentu murah. Saham-saham tersebut adalah ADHI yang sejak Selasa (11/6/2013) sudah mulai rebound dengan peningkatan volume transaksi. “Begitu juga dengan INDF, JSMR, dan ACES. Saya rekomendasikan trading buy,” katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Kamis (13/6/2013) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ) ditutup melemah 90,22 poin (1,92%) ke posisi 4.607,663. Intraday terendah 4.568,117 dan tertinggi 4.670,734. Volume perdagangan dan nilai total transaksi turun. Investor asing mencatatkan net sell sebesar Rp1,39 triliun dengan kenaikan nilai transaksi beli dan penurunan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan net buy. Berikut ini wawancara lengkapnya:

IHSG kembali melemah tapi masih di atas level 4.600. Bagaimana Anda melihat arahnya Jumat (14/6/2013)?

Saya melihat kecenderungan pelemahan IHSG Jumat (14/6/2013). Secara teknikal, jika melihat indikatornya, indeks mendatar di bawah garis oversold (jenuh jual).

Dari sentimen fundamental?

Pasar masih menunggu penaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Pemerintah dan DPR masih menggodok, kapan penaikan harga BBM itu akan diumumkan. Rumors-nya, harga BBM bakal naik pada 17 Juni 2013.

Pemerintah masih berdiskusi masalah makro ekonomi yakni asumsi-asumsi dalam RAPBN, inflasi, BI rate, ekspor-impor dan asumsi lain yang masih belum mencapai kata sepakat. Jadi, pasar melemah karena belum melihat kepastian kapan harga BBM bersubsidi akan naik.

Level support dan resistance IHSG?

Untuk Jumat ini, IHSG punya support 4.510-4.570 dan resistance 4.670-4.720. Tapi, pelemahan IHSG kemungkinan terbatas dalam kisaran 4.600-4.700.

Bagaimana Anda menilai kenaikan BI rate ke level 6%?

Saya melihat positif. Artinya, pemerintah sudah mengantisipasinya terlebih dahulu. Bank Indonesia (BI) menaikan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin ke 6%. Kenaikan suku bunga ini untuk mengantisipasi terjadinya gejolak inflasi setelah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi nantinya.

Lalu, dari sisi fiskal, pemerntah komit untuk menjaga stok pangan kebutuhan pokok tetap tercukupi hingga pascalebaran nanti. Dari kedua faktor ini, daya beli masyarakat tetap terjaga meski ada ancaman inflasi BBM. Karena itu, dengan dinaikkan BI rate, demand tetap terjaga sehingga inflasi tidak terlalu naik signifikan.

Lalu, dengan kenaikan BI rate juga membuat orang cenderung untuk menabung karena peluang kenaikan suku bunga deposito di perbankan nantinya. Dalam RAPBN, DPR mematok inflasi di level 7,2%, saya kira akan tercapai sehingga tidak melebihi ekspektasi pemerintah.

Bagaimana dengan bursa regional?

Ya, IHSG memang berpelung melemah. Sebab, bursa regional baik Asia maupun Eropa juga cenderung melemah. Pelemahan dipicu oleh Bank Dunia yang memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi dunia mengalami perlambatan. Outlook-nya dipangkas dari 2,4% menjadi 2,2% dan pertumbuhan China dari 8,4% menjadi 7,7% untuk 2013. Ini turut menambah sentimen negatif.

Saham-saham pilihan Anda untuk Jumat ini?

Saham-saham pilihan yang bagus dan harganya tentu murah adalah PT Adhi Karya (ADHI) yang sejak Selasa (11/6/2013) sudah mulai rebound dengan peningkatan volume transaksi. Target support ADHI di Rp3.225 dan resistance Rp3.575;

Begitu juga dengan PT Indofood Sukses Makmur (INDF) dengan support Rp6.350 dan resistance Rp7.350; PT Jasa Marga (JSMR) dengan support Rp5.650 dan resistance Rp6.450; dan PT Ace Hardware Indonesia (ACES) dengan support Rp730 dan resistance Rp830 per saham.

Bagaimana strategi trading pada saham-saham tersebut?

Saya rekomendasikan trading buy.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER