Selasa, 29 Juli 2014 | 03:28 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Surat Suara Pemilu 2014 Tanpa Foto Caleg
Headline
(Foto: inilah.com)
Oleh: Silviana Ramadhani
web - Kamis, 13 Juni 2013 | 17:35 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Desain surat suara yang akan digunakan pada Pemilihan Umum Calon Legislatif 2014 tidak akan menyertakan foto caleg yang bersangkutan. Surat suara hanya akan memuat nomor urut dan nama partai serta nomor urut dan nama caleg.

"Sesungguhnya jika bapak ibu bikin foto besar-besar di baliho itu nantinya juga tidak berpengaruh, soalnya di kertas suara hanya akan ada nomor urut dan nama partai serta nomor urut dan nama caleg," kata komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arif Budiman dalam Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Terkait Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2014 di Hotel Grand Cempaka, Kamis (13/6/2013).

Hal lain yang disampaikan Arif adalah nama yang akan digunakan dalam Dalam Calon Sementara (DCS) sebaiknya tidak terlalu panjang. Semakin panjang nama caleg, maka semakin kecil pula tampilan di surat suara.

"Kalau nama Bapak Ibu dan gelarnya panjang sekali maka konsekuensinya nama bapak ibu semakin kecil, karena font nya akan kita sesuaikan dengan space di surat suara," ujarnya.

Dalam diskusi publik kali ini KPU menyampaikan banyak hal baru untuk pelaksanaan Pemilu yang jujur, adil, dan transparan. Selain dua hal di atas, isu strategis lain yang disampaikan adalah digunakannya kotak suara semi transparan.

"Nanti kotak suara warnanya putih susu. Jadi kertas suaranya tidak terlihat (dengan jelas), tapi tumpukannya bisa kelihatan. Sebanyak apa sudah surat suara yang masuk," ucapnya. [mvi]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
11 Komentar
liyung
Jumat, 28 Maret 2014 | 01:41 WIB
benar saya setuju dengan pendapat kawan-kawan di atas. sebaiknya kertas suara dicantumkan foto caleg juga, nanti embel2nya setelah pencoblosan beritakan di televisi berita yg ga mutu padahal sudah jauh2 hari diberi saran dari pelbagai lapisan masyarakat tentang bentuk dan format kertas suara utk pemilihan legislatif supaya tepat sasaran dan efektif dijalankan saat pemilu tanggal 9 April 2014 yang akan datang. Tolong dilaksanakan saran kami ini, tidak usah pake acara pertimbangan segala, cerita lama itu. ga maju2 ntar bangsa kita yg udah terseok-seok ini. thanks!
lestari
Rabu, 12 Maret 2014 | 15:18 WIB
rakyat yg bisa baca dan nulis pun blm tentu benar mencoblos pilihanya,krn lupa dgn no yg akan dipilih utuk tingkat kab,prop,pusat,males utk menghafal.
bapakku presiden
Jumat, 7 Maret 2014 | 07:26 WIB
Kalau untuk Contoh gak usah pakai nama dong....!!!
masrur
Senin, 6 Januari 2014 | 09:36 WIB
sy sepakat dengan pendapat teman surat suara harus mencantumkan foto cale, klo tdak seperti itu sy yakin surat suara akan lebih banyak batal,, sehingga suara rakyat sia2
budi
Senin, 18 November 2013 | 21:46 WIB
suara suara pemilu 2014 harus meletakkan fhoto caleg biar masyarakat dapat mengetahui dan memastikan bahwa benar-benar orang yang tepat dipilihnya dan bagaimana kalau ada nama yang sama, kenapa orang-orang indonesia sekarang khususnya yang memegang jabatan seperti orang2 KPU semakin bodoh dan semakin dangkal cara pemikiran dan wawasannya. kalau seperti ini saya yakin akan terjadi keributan yang sangat besar baik antar parpol, antar caleg dll.
budi
Senin, 18 November 2013 | 21:44 WIB
suara suara pemilu 2014 harus meletakkan fhoto caleg biar masyarakat dapat mengetahui dan memastikan bahwa benar-benar orang yang tepat dipilihnya dan bagaimana kalau ada nama yang sama, kenapa orang-orang indonesia sekarang khususnya yang memegang jabatan seperti orang2 KPU semakin bodoh dan semakin dangkal cara pemikiran dan wawasannya. kalau seperti ini saya yakin akan terjadi keributan yang sangat besar baik antar parpol, antar caleg dll.
Hosni
Senin, 26 Agustus 2013 | 10:01 WIB
KPU belum terlambat untuk mendesain Surat suara yang ada FOTO CALEG NYA, kalau tidak dipasang foto kenapa Petsyaratan jadi Caleg minta foto, kok tdak minta nama saja
tyada fadihat
Jumat, 23 Agustus 2013 | 10:04 WIB
pikiran orang2 KPU ada dimana? ga semua orang indonesia bisa baca tulis... inilah yang mungkin bisa disebut diskriminasi politik
nanang salim
Kamis, 18 Juli 2013 | 00:28 WIB
sebaiknya cantumkan photo caleg,sehingga warga benar2 mencoblos yang akan dan ingin dipilihnya,jangan samaratakan wawasan&ketenangan; warga pada saat mencoblos di kotak suara,buatlah sesuatu menjadi mudah jangan dibuat susah lalu jadi salah.Mohon dengan sangat hal ini dipertimbangkan oleh kpu.Terima kasih
Subadi
Kamis, 4 Juli 2013 | 05:42 WIB
Surat suara tanpa foto akan membuat kebingungan pemilih yang tidak bisa membaca,untuk itu kami mengusulkan,sebaiknya surat suara mencantumkan foto caleg,agar suara rakyat benar-benar dapat tersalurkan dengan tepat.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER