Jumat, 31 Oktober 2014 | 05:50 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Filipina Paling Bersahabat Bagi Kaum Gay
Headline
(Foto : ilustrasi)
Oleh: Bachtiar Abdullah
web - Senin, 10 Juni 2013 | 21:13 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Manila – Filipina termasuk negara yang paling bersahabat dengan kaum wandu di dunia. Negara kepulauan ini masuk ranking 10 di antara 17 negara yang mayoritas bisa menerima kehadiran kaum gay.

Meskipun masyarakat Filipina dianggap religius, namun masyarakat negara ini termasuk paling menerima kaum homoseks, menurut survei yang dilakukan di 39 negara.

Survei yang bertajuk “Global Divide on Homosexuality” yang dilakukan Pew Research Centre yang bermarkas di AS menunjukkan, bahwa 73 persen warga Filipina dewasa setuju dengan pernyataan “homoseksualitas harus diterima oleh masyarakat”. Angka ini naik sembilan persen poin pada 2002.

Sementara warga Filipina yang menolak kaum wandu hanya sekitar 33 persen pada 2002 menurun menjadi 26 persen. Kecenderungan tingkat “penerimaan” kaum wandu di Filipina ini, dibanding negara sekular Eropa barat, bahkan lebih tinggi daripada di Jepang (54 persen), Korea Selatan (39 persen) atau Amerika Serikat (60 persen). Sementara itu beberapa negara sudah membolehkan perkawinan sesama wandu.

“Warga Brazil dan Filipina dianggap lebih toleran terhadap homoseks meskipun masyarakatnya cenderung religius,” lapor survei Pew. Filipina seolah menghempaskan tren yang ditemukan survei ini bahwa kaum wandu biasanya diterima di negara-negara sekular yang kaya.

“Sebagai kontras, negara-negara dengan tingkat religiusitas tinggi, hanya sedikit yang percaya homoseks harus diterima masyarakat,” tulis laporan Pew seperti dikutip The Philippine Daily Inquirer, Senin (10/6).

Filipina adalah salah satu negara paling religius di dunia dan hampir sepertiga populasinya hidup di bawah garis kemiskinan. Dalam skala religiusitas yang skor tertingginya “3”, ternyata Filipina hampir mencapai skala “2,5”.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER