Senin, 24 November 2014 | 21:52 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kontroversi Penjara Sang Artis India Sanjay Dutt
Headline
Bintang film Sanjay Dutt - bbc.co.uk
Oleh: Bachtiar Abdullah
web - Sabtu, 18 Mei 2013 | 21:01 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Mumbai – Bintang film Sanjay Dutt menjalani hari pertama hukumannya di bangsal 12 penjara Arthur Road, Mumbai, Jumat kemarin (17/5). Penjara ini, menurut kuasa hukum Dutt, dikhususkan bagi pesakitan terdakwa “teroris dan kejahatan berat”.

Dutt didakwa ada kaitanya dengan kerusuhan sektarian dan pengemboman yang terjadi pada 1993. Peledakan Mumbai, Jumat 12 Maret 1993, terjadi di 12 lokasi, setelah sejumlah skuter dan mobil yang diiisi dengan RDX dan detonator meledak. Sebanyak 257 orang terbunuh dan 700 orang lainnya luka-luka hanya dalam satu hari.

Serangan ini dikoordinir oleh Dawood Ibrahim, seorang don pemimpin sindikat kejahatan terorganisir bernama D-Company. Dutt didakwa memperoleh persenjataan dari Dawood Ibrahim yang diselundupkan ke komunitas Muslim di Bombay (kini berubah menjadi Mumbai) untuk melindungi kaum Muslimin setelah kerusuhan dan pengeboman sektarian di pusat kota perfilman India itu.

Pengacara Rizwan Merchant bilang kepada hakim pengadilan Pencegahan Terorisme dan Aktivitas Destruktif (TADA) GA Sanap, Dutt tidak semestinya dijebloskan ke bangsal 12 itu. Namun Merchant belum mengajukan permohonan pengalihan Dutt ke bangsal lainnya.

“Jika diizinkan oleh yang kepala penjara, saya akan menemui Dutt Sabtu (18/5). Ia hanya didakwa melanggar Undang-undang Kepemilikan Senjata dan bukan TADA. Dia bukan teroris atau pelaku kejahatan berat yang mestinya ditempatkan di sel biasa. Jika kepala lembaga pemasyarakatan membolehkan, saya akan mengajukan permohonan memindahkannya,” ujar Merchant, kepada Times of India, Jumat (17/5).

Dutt bakal menginap semalam lagi di sel penjara Arthur Road. Kemungkinan dia akan dipindah ke penjara Yerawada di Pune, pinggiran Mumbai. Jumat kemarin, Dutt dibolehkan menerima kiriman makanan pertama dari rumahnya. Pengadilan mengizinkannya menerima kiriman makanan dari rumahnya selama sebulan.

Jaksa khusus TADA GA Sanap menegaskan masalah surat perintah penahanan yang tak bisa ditangguhkan terhadap tersangka pengebom Mumbai 1993 Sharif Dadabhai Parkar (80) dan wanita bernama Zaibunisa Kazi (75) bakal dikeluarkan jika mereka tidak menyerahkan diri.

Pengacara Farhan Sah, yang menjadi kuasa hukum keduanya, bilang bahwa Kazi sedang dirawat di Bandra, sedangkan Parkar masih di rumah sakit dekat Byculla karena sakit jantung.

Puteri Kazi mengatakan dirinya menghormati keputusan pengadilan dan tunduk kepadanya. Kazi didakwa menyembunyikan sejumlah senjata di rumahnya setelah pengeboman Mumbai 1993. Kemungkinan ia akan menyerahkan diri pada Senin mendatang.

Hakim TADA juga meminta laporan keberadaan tersangka Isaac Hajwane (85) dengan tenggat waktu 10 Juni, namun keburu meninggal dunia beberapa hari yang lalu. Hajwane diketahui berperan dalam pelatihan penggunaan senjata di desa Sanheri sebelum peledakan Mumbai dan dihukum seumur hidup. Pengacara Frahan Shah melampirkan surat kematian Hajwane ini.

India adalah sebuah negara demokrasi terbesar di dunia. Kekerasan horisontal berbau sektarian kerap terjadi dan bahkan memangsa para pemimpinnya seperti keluarga dinasti politik Gandhi. Konflik Hindu-Muslim mudah sekali meletup di India. Namun peledakan Mumbai yang memakan korban ratusan orang tewas hanya dalam satu hari, menjadi peristiwa terdahsyat pengeboman di dunia. [Dari berbagai sumber]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER