Selasa, 2 September 2014 | 20:59 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Bauran Energi Tahun Ini Jadi 10,8%
Headline
IST
Oleh: Ranto Rajagukguk
web - Senin, 6 Mei 2013 | 18:58 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengubah target bauran energi primer pada sumber energi kelistrikan 2013 dari 9,7% akan menjadi 10,8%.

Direktur Jenderal Ketanaga listrikan Kementerian ESDM, Jarman mengatakan, pengubahan target bauran energi tersebut berpengaruh pada konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebab, dengan adanya koreksi target tersebut, maka ada pertambahan konsumsi BBM untuk pembangkit mencapai 6 juta kilo liter (kl) pada tahun ini.

"Ini BBM sedikit berubah, naik sedikit. Tadinya kan dengan 9,7 persen kita perlunya 5,6 juta kiloliter sehingga kalau 10,8 persen jadi 6 juta kiloliter," ujar Jarman di Jakarta, Senin (6/4/2013).

Jarman menambahkan, pertumbuhan ekonomi yang sebesar 6,2% hingga 6,5% per tahun membutuhkan kapasitas listrik tambahan per tahun sebesar 5.000 megawatt (mw). Namun, pada saat yang bersamaan pemerintah juga ingin kurangi pemakaian di bidang listrik.

"2011 kan porsi pemakaian kita masih sekitar 23% atau sekitar 11,2 juta kl. Nah tahun 2012 kita turunkan jadi 15% atau turun jadi 8,2 juta kiloliter. Tahun ini target kita sekitar 10% atau kita turunkan jadi 6 juta kiloliter. Ini diganti sebagian dengan energi baru terbarukan (EBT)," ucapnya.

Di samping karena pertumbuhan ekonomi, pihaknya juga mengakui, sejumlah proyek EBT untuk meningkatkan rasio elektrfikasi mengalami kemunduran. "Energi primer mungkin ada berubah karena memang target APBN waktu itu 9,7%. Tapi sesudah ada beberapa slip it maka di RUPTL yang sudah disetujui Menteri akhir desember 2012, maka energi mix berubah jadi 10,8%," tuturnya. [hid]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER