Sabtu, 23 Agustus 2014 | 04:37 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pemilu Malaysia Mengejutkan, Underdogs Menang
Headline
koalisi Barisan Nasional (BN) - (Foto : istimewa)
Oleh:
web - Senin, 6 Mei 2013 | 05:01 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Kuala Lumpur – Penghitungan suara pemilu Malaysia 2013 secara resmi berakhir, Senin (6/5/2013) dini hari. Komisi Pemilihan Umum menyatakan pemilu dimenangi oleh koalisi Barisan Nasional (BN) yang kini menjadi partai penguasa.

The Star melaporkan, dengan kemenangan ini, Barisan Nasional akan kembali memimpin parlemen, meskipun tidak mayoritas karena gagal meraih 2/3 kursi atau 148 kursi dari 222 kursi yang diperebutkan. Penghitungan suara final menunjukkan koalisi Barisan Nasional meraih 133 kursi sedangkan koalisi oposisi Pakatan Rakyat pimpinan Anwar Ibrahim meraih 89 kursi.

Pemilu Malaysia ke-13 (Pemilihan Raya Umum ke-13) ini berakhir mengejutkan karena tokoh-tokoh besar gagal meraih kursi, sedangkan para underdogs meraih kemenangan mutlak.

Tokoh-tokoh ternama Malaysia yang gagal antara lain calon untuk Lembah Pantai dari Barisan Nasional Datuk Raja Nong Chik Raja Zainal Abidin, untuk Johor Mentri Besar Datuk Seri Abdul Ghani Othman, Ketua Malaka Minister Datuk Seri Mohd Ali Rustam, calon dari PAS' Datuk Husam Musa, Mohamad Sabu dan Salahuddin Ayub, calon dari PKR Datuk Saifuddin Nasution, dari MCA Datuk Seri Kong Cho Ha dan Datuk Donald Lim serta calon ternama dari UMNO Dr Puad Zarkashi.

Dua calon dari Partai Perkasa, Datuk Ibrahim Ali dan Datuk Zulkifli Nordin juga gagal kembali ke parlemen. Tidak seperti pemilu 2008, kali ini mereka maju sebagai calon dari kelompok independen. Pada pemilu kali ini calon-calon dari kelompok independen tidak meraih kursi sama sekali.

Sementara itu, nama-nama yang tidak diunggulkan seperti calon dari PKR Nurul Izzah Anwar mengalahkan Nong Chik dengan selisih 1.847 suara mutlak untuk kursi dari Lembah Pantai. Lim Kit Siang yang merupakan kelompok oposisi dari Partai DAP mengalahkan saingannya Ghani untuk kursi parlemen dari Gelang Patah.

Kemenangan Lim ini sekaligus untuk pertama kalinya mewujudkan tekadnya untuk melibas Barisan Nasional di Johor.

Nama besar lainnya yang gagal adalah Mohd Ali, yang bertarung untuk kursi dari Bukit Katil di Malaka. Ia dikalahkan calon dari PKR Shamsul Iskandar Mohd Akin dengan selisih suara 5.447. [tjs]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER