Jumat, 25 Juli 2014 | 02:17 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ibu Tak Perlu Takut Jika Bayi Belum Bisa Berjalan
Headline
(Foto: ilustrasi)
Oleh: santi andriani
web - Sabtu, 6 April 2013 | 17:45 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta- Para ibu diharapkan tidak terlalu khawatir soal kapan bayi mereka akan mulai bisa berjalan.

Para ilmuwan mengatakan, bahkan ketika bayi sudah bisa berjalan saat usia sembilan bulan, ini tidak akan berpengaruh terhadap kemajuan mereka di kemudian hari.

Umur yang dianggap paling pas bagi bayi berjalan adalah 12 bulan. Sementara jika bayi belum menunjukkan kemampuan melangkah saat usia 18 bulan, para orang tua disarankan berkonsultasi dengan dokter.

Penelitian yang dilakukan rumah sakit anak di Zurich dengan mengikuti kemajuan dari 222 bayi sehat yang lahir antara 1978-1993, menemukan, bahwa bayi yang lebih dini berjalan bukan berarti akan lebih maju perkembangannya di kemudian hari.

Para peneliti menyimpulkan, tonggak awal motorik mereka hanya sedikit, atau bahkan tidak memiliki kaitan dengan kemajuan mereka secara keseluruhan.

"Waktu, benar-benar tidak ada konsekuensinya. Anak-anak yang mulai berjalan lebih awal tidak lebih cerdas maupun terkoordinasi dibanding yang belum bisa berjalan di awal," kata wakil penelitian seperti dikutip dari dailymail.

Usia khas untuk bayi mulai berjalan adalah 12 bulan, tetapi hasilnya berkisar antara 8,5 bulan sampai 20 bulan.

Profesor Mitch Blair, dari Royal College of Pediatri dan Kesehatan Anak mengatakan, "Saya sering melihat orang tua yang khawatir bahwa anak mereka belum berjalan, atau belajar untuk melakukannya lebih lambat dari rekan-rekan mereka, dan khawatir tentang perkembangan mereka nantinya."

"Pesan meyakinkan adalah bahwa usia di mana anak-anak berjalan bervariasi dan tidak ada hubungan nyata antara berjalan dengan kecerdasan di kemudian hari," imbuhnya

Dia mengatakan orang tua hanya harus memeriksakan ke dokter jika anak mereka belum mulai berjalan hingga usianya 18 bulan. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER