Kamis, 23 Oktober 2014 | 12:50 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Perang Korea Tinggal Tunggu Waktu
Headline
Ist
Oleh:
web - Senin, 1 April 2013 | 08:15 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Seoul – Korea Utara agaknya benar-benar tak sabar untuk berperang dengan saudaranya, Korea Selatan. Korut belum lama ini menyatakan pihaknya benar-benar sedang memasuki peperangan dengan Korsel.

Ancaman ini merupakan perwujudan fisik melawan aksi retorika yang dilancarkan Korsel dan sekutunya, Amerika Serikat. Hampir setiap hari, Korut mengancam akan menyerang tetangganya itu sejak negeri ini dikenai sanksi percobaan nuklir, Februari lalu.

Namun demikian, ancaman Korut itu dinilai sebagian kalangan tidak akan terwujud. Sebab, Korut dan Korsel praktis sudah berperang sejak 1953, ketika tak ada lagi perjanjian damai yang bisa disepakati.

Korut melancarkan percobaan nuklirnya yang ketiga pada 12 Februari 2013, yang akhirnya berujung pada pemberian sanksi. Sejak saat itu, Korsel semakin giat melakukan latihan militer dengan AS, yang ujung-ujungnya membuat marah Korut.

Sabtu 30 Maret lalu, sebuah pernyataan dikeluarkan Korut, “Mulai saat ini, hubungan Utara-Selatan akan memasuki masa perang dan semua masalah yang muncul antara Utara dan Selatan akan diselesaikan dengan cara itu. Situasi tanpa arah di semenanjung Korea yang tak perang maupun tidak damai benar-benar sudah berakhir.”

Washington juga langsung bereaksi terhadap pernyataan itu. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS Caitlin Jayden menyatakan AS sudah membahas laporan mengenai pernyataan Korut tersebut. “Kami memandang ancaman ini serius dan kami terus melakukan kontak dengan sekutu kami, Korsel,” ujarnya.

Saat ini adalah masa-masa kritis menjelang perang. Masing-masing pihak masih melancarkan perang urat syaraf. Sedangkan tindakan bersenjata, hanya tinggal menunggu waktu. [tjs]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER