Sabtu, 19 April 2014 | 03:46 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Iran Eksekusi Mati 10 Pengedar Narkoba
Headline
Ilustrasi
Oleh: Aza
web - Selasa, 19 Maret 2013 | 11:09 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Teheran - Otoritas Iran mengeksekusi mati 10 narapidana kasus narkoba. Mereka yang dihukum gantung merupakan pengedar dan bandar besar narkoba jenis opium dan sabu. Eksekusi mati ini bakal digelar pada Selasa (19/3/2013) di sebuah penjara ibukota Iran, Teheran.

Kesepuluh terpidana mati seluruhnya berjenis kelamin pria, telah divonis mati pada Oktober tahun lalu, setelah dinyatakan terbukti bersalah mengedarkan lebih 1 ton opium dan sabu.

Eksekusi mati ini menjadi sorotan internasional. Pasalnya, pelaksanaan hukuman tersebut dilakukan di tengah maraknya kampanye Organisasi HAM, Amnesty Internasional, yang menyerukan penghentian hukuman mati bagi narapidana narkoba. Amnesty yang berbasis di London, Inggris, menilai, vonis mati tersebut amat berlebihan.

Amnesty mencatat, setiap tahun ada sekitar ratusan orang yang dieksekusi mati di Iran. Pada 2012 lalu, 344 orang dieksekusi mati. Sedangkan pada 2011, tercatat sedikitnya 360 orang yang menjalani hukuman mati. Dari angka-angka tersebut, sekitar 75 persen di antaranya merupakan terpidana kasus narkoba. Selama ini, Iran tercatat sebagai negara dengan angka pelaksanaan eksekusi mati paling tinggi di dunia, bersanding dengan China, Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

Dengan catatan ini, Amnesty Internasional terus mendesak otoritas Iran menunda atau menghentikan eksekusi mati bagi para narapidana narkoba. Bahkan Amnesty secara terang-terangan meminta otoritas Iran menarik delik pidana peredaran narkoba dari daftar tindak pidana yang terancam hukuman mati dalam undang-undang setempat. Mereka menilai undang-undang anti narkoba di Iran tidak dapat menjamin hak atas peradilan hukum yang adil terhadap para terdakwa. [aza]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.