Rabu, 1 Oktober 2014 | 00:51 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Iran Bangun Pangkalan AL di Selat Hormuz
Headline
en.rian.ru
Oleh: Bachtiar Abdullah
web - Senin, 5 November 2012 | 18:20 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Teheran - Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) membangun sebuah pangkalan angkatan laut baru di Selat Hormuz yang mampu mengirim 35 persen minyak mentah untuk pasar ekspor dunia.

Pangkalan militer ini terletak di selatan kota pelabuhan Bandar Lengeh, sekitar 1.100 km dari ibu kota Teheran, tulis kantor berita Fars Minggu (4/11). Selat Hormuz yang terletak di ujung Teluk Persia terancam ditutup bila Iran diserang militer asing. Padahal sebagian besar pangkalan angkatan laut Iran yang membentang sekitar 450 km itu terletak di kepala Teluk Persia.

Sementara itu, anggota parlemen Iran membantah tuduhan bahwa negara itu menghentikan sementara pengayaan uranium 20 persen. “Klaim ini tidak realistis, karena pengayaan uranium 20 persen dipersyaratkan oleh Reaktor Penilitian Iran untuk tujuan medis,” ujar Kazzem Jalali, anggota parlemen Iran yang duduk pada komisi Kemanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri, Minggu (4/11).

Iran dituduh kalangan internasional atas program nuklirnya yang bukan sekadar demi tujuan damai. AS, Uni Eropa dan Israel ketakutan Teheran justru sedang mengembangkan senjata nuklir. Washington dan Brussels (ibu kota UE saat ini) mengenakan sanksi ekonomi terhadap sektor perminyakan Iran. Iran sendiri dengan tegar mengatakan pengembangan nuklir adalah haknya dan memang melulu untuk pengembangan energi serta medis. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER