Jumat, 31 Oktober 2014 | 18:16 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Persib Tak Khawatir Sponsor Lari ke Bandung Raya
Headline
ist
Oleh: Yuliantono
web - Minggu, 28 Oktober 2012 | 11:07 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Bandung – Wacana kebangkitan klub Bandung Raya tak membuat pengelola Persib Bandung ketar-ketir. Manajemen Persib tak khawatir sponsor dan dukungan bobotoh akan berpaling ke Bandung Raya.

Semasa jayanya di era 1995, Bandung Raya pernah juara Liga Indonesia dan juga pernah merasakan persaingan di Piala Winners Asia.

Namun prestasi itu dinilai tak akan membuat sponsor berpaling dari Persib, meski nantinya akan ada dua klub warga Bandung di ISL Manajer Persib, Umuh Muchtar merasa tak khawatir kehadiran Bandung Raya akan menyedot perhatian bobotoh

Dia menilai, apa pun yang terjadi, takkan memudarkan rasa cinta bobotoh terhadap Maung Bandung.

Umuh pun mengaku senang dengan kehadiran Bandung Raya. Karena hal itu bisa meningkatkan persaingan positif di antara kedua tim.

“Tapi perlu dipertimbangkan klub baru tersebut layak berada di ISL atau tidak,” ujar Umuh.

Pak Haji, begitu dia biasa disapa, juga tidak khawatir sponsor Persib selama ini akan beralih. “Tidak akan beralihlah kalau soal sponsor,” tegasnya.

"Waktu zaman Bandung Raya masih bagus pun, dukungan bobotoh tidak sebesar dukungan ke Persib kok. Justru malah saya menyangsikan Bandung Raya bisa bertahan lama," imbuhnya.

Bandung Raya yang berdiri pada 1985, pertama kali berkiprah di Kompetisi Galatama. Tapi, kesuksesan baru diraih di Kompetisi Liga Indonesia 1995/96. Mereka meraih juara, mengalahkan PSM Ujungpandang 2-0 di final, mengandalkan Herry Kiswanto, Peri Sandria, Dejan Gluscevic, dan Olinga Atangana. Peri Sandria jadi mesin gol ampuh, mencetak 34 gol di 37 pertandingan.

Musim berikutnya, Bandung Raya hampir mempertahankan gelarnya. Sayangnya, mereka kalah 1-3 di final dari Persebaya Surabaya. Toh, mereka menempatkan Gluscevic sebagai topskor dengan 30 gol dari 33 pertandingan. Nuralim, bek sentral, terpilih pula sebagai pemain terbaik.

Selain itu, Bandung Raya juga sempat merasakan Piala Winners Asia. Melindas klub Malaysia, Pahang FC dengan selisih gol 5-1, mereka kandas di putaran kedua, menyerah dari klub Hong Kong, South China AA.

Historis pula yang membuat klub baru ini menetapkan Bandung sebagai homebase.[iaf]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
5 Komentar
jimbo
Senin, 29 Oktober 2012 | 22:23 WIB
mau ada 1000 tim bagus di bandung...hanya satu Darah biru pasundan PERSIB hanya satu PERSIB SALAWASNA SAMPAI MATI
Ida Widayati
Senin, 29 Oktober 2012 | 20:46 WIB
Saya Bangga dengan kehadiran Bandung Raya bila perlu ada lg tim dari Jawa Barat lainnya yang berkiprah di ISL agar persaingan sepakbola Jabar ada peningkatan dan menjadi persaingan yang positif dalam persepakbolaan JABAR.
Deny Purnama
Senin, 29 Oktober 2012 | 20:07 WIB
Bagus.... di Bandung jadi ada 2 klub sepakbola..... buat memacu persaingan dan prestasi. Saya dukung dua-duanya....
Iing Sutiawan
Minggu, 28 Oktober 2012 | 17:33 WIB
Bagus donk.... semoga menjadi persaingan yg sehat.. yg pasti... saya dukung dua2nya.
riki
Minggu, 28 Oktober 2012 | 16:28 WIB
ya kita tak kan pergi ke bandung raya asal kan persib menjadi juara atau tidak berada di peringkat 2,3,4
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER