Kamis, 21 Agustus 2014 | 09:22 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Terkait Tuntutan FPI
Tugas Ahok Sebagai Wagub Bisa Fleksibel
Headline
inilah.com
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
web - Rabu, 10 Oktober 2012 | 13:56 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Terkait desakan FPI DKI Jakarta untuk menunda pelantikan gubernur DKI terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, DPRD DKI menegaskan Gubernur DKI terpilih Jokowi akan fleksibel menentukan tanggung jawab wakil gubernurnya.

"Nantinya Jokowi akan menyesuaikan tugas wakil gubernur dalam pelaksanaan pembinaan lembaga-lembaga yang di bawah binaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," kata Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta, Endah S Pardjoko, Rabu (10/10/2012).

Diungkapkan Endah, berdasarkan peraturan yang ada, jabatan-jabatan dalam lembaga-lembaga Islam yang berada dibawah binaan Pemprov DKI bisa saja langsung dipegang oleh Gubernur DKI maupun Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta.

"Mungkin wakil gubernur terpilih tidak mengetahui akan aturan hal ini. Tetapi kami yakin Jokowi paham betul dengan aturan ini, dan gubernur terpilih akan menentukan sendiri dan akan memberikan tugas yang sesuai kepada Ahok selaku wakilnya," ungkap Endah.

Hal serupa diungkapkan anggota Komisi A DPRD DKI, Abdul Azis. Azis mengatakan, meski beberapa lembaga keislaman yang secara ex officio secara otomatis akan dijabat oleh wakil gubernur, tapi aturan tersebut tidak diatur secara spesifik sehingga terbuka peluang Surat Keputusan Gubernur tersebut diubah, karena tidak melanggar undang-undang.

Seperti diketahui massa FPI, Selasa (9/10/2012) kemarin, berunjukrasa di gedung DPRD DKI Jakarta. Mereka mempertanyakan SK Gubernur DKI Jakarta menyusul terpilihnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai wagub DKI 2012-2017. Selain memimpin lembagai Islam tersebut, Wagub juga menjadi tim pembina UKS, ketua lembaga kerja sama tripartit, dan Komunitas Intelijen Daerah (Kominda).[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER