Sabtu, 22 November 2014 | 20:59 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Jus Kentang untuk Obat Sakit Maag
Headline
IST
Oleh:
web - Kamis, 9 Agustus 2012 | 17:35 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Para ilmuwan dari Manchester University menemukan bahwa kentang memiliki molekul antibakteri unik yang dapat membantu proses kesembuhan penderita sakit maag.

Uniknya, tidak seperti antibiotik, bakteri perut tidak dapat menumbuhkan perlawanan terhadap molekul 'jus kentang', serta tidak menimbulkan efek samping, seperti dilansir dari Antara.

Anggota penelitian dari tim mikrobiologi kini berharap bahwa molekul yang disebut dengan 'jus kentang' ini, sebaiknya dapat diproduksi secara masal sebagai sumplemen harian.

Profesor mikrobiologi dari Faculty of Life Sciences, Ian Roberts, yang turut bekerja pada penemuan tersebut mengatakan salah satu dari ilmuwan dari departemen tersebut, mendengar kerabatnya mengatakan bahwa mereka terbiasa menggunakan kentang untuk menangani sakit maag.

Ini mengawali penemuan molekul kunci yang ternyata dapat menyembuhkan dan mencegah bakteri yang hidup di dalam perut, dan menyebabkan usus buntu serta rasa panas pada perut.

"Setelah itu, dia membeli sekantong besar kentang varitas King Edward, dan melakukan penelitian di laboratorium," ujar Roberts.

Para ilmuwan melakukan percobaan terhadap beberapa jenis kentang, dan menyimpulkan kentang jenis Maris Piper dan King Edward dari Inggris, adalah varietas yang bekerja dengan sangat baik.

Proses ekstraksi molekul yang belum diberi nama itu kini sedang dalam proses mendapatkan hak paten. Harapannya, suatu saat nanti, suplemen ini dapat dijual bebas menyerupai probiotik dan yogurt.

"Saat saya mendengar ide penggunaan kentang untuk menangani penderita sakit maag, saya harus akui bahwa saya telah bersikap skeptis. Tapi pada tahap tertentu penelitian saya tidak lagi terkejut, karena banyak produk botani yang memiliki kandungan menarik dan kita hanya harus menemukannya saja," kata Roberts.

"Kami melihat jus kentang ini sebagai produk untuk mencegah dan menghentikan sakit maag yang bisa semakin parah, dan setiap orang dapat menggunakannya sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Ini bisa meraih sukses di pasaran bila produk ini dikembangkan," kata Roberts lagi.

Penemuan dari 'jus kentang' ini merupakan salah satu dari sekian penemuan baru di bidang kedokteran yang kini sedang dikembangkan di University of Manchester. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER