Rabu, 16 April 2014 | 20:24 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pemberontak Suriah Tangkap Eks Garda Revolusi Iran
Headline
IST
Oleh: Bachtiar Abdullah
web - Rabu, 8 Agustus 2012 | 23:01 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Teheran – Menteri Luar Negeri Iran mengkonfirmasikan pada hari Rabu ini (8/8/2012) bahwa bekas anggota pasukan elite Garda Revolusi Islam adalah termasuk mereka yang ditangkap para pemberontak Suriah.

Menlu Ali Akbar Salehi menampik tuduhan adanya peran militer Iran pada saat rombongan orang Iran melakukan ziarah ke sebuah mesjid di Damaskus, seperti yang ditulis kantor berita Iran ISNA.

“Beberapa orang yang melakukan ziarah dulunya memang anggota Garda Revolusi Iran, lainnya adalah tentara yang sudah pensiun,” ujar Salehi.

Sebanyak 48 orang peziarah Iran yang naik bus ke Damaskus dari Bandar Udara Internasional Damaskus, ditangkap sekelompok orang bersenjata pada hari Minggu kemarin. Para penangkap menyatakan orang-orang Iran ini sesungguhnya mengemban misi militer atas nama tentara rezim Suriah.

Deputi Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian menolak keras orang-orang Iran yang ditangkap pada hari Senin kemarin adalah para anggota korps Garda Revolusi Islam.

Pada hari Rabu ini, Menlu Salehi meminta PBB membantu membebaskan orang-orang Iran ini, sembari menambahkan tiga di antara mereka sudah dibantai pasukan pemberontak, seperti ditulis RIA Novosti, Rusia.

Indikasi penangkapan pasukan elite Iran ini menunjukkan bahwa Iran yang didominasi kaum Shiah mencoba membantu kaum Shiah yang minoritas di Suriah. Konflik Suriah semakin jelas akan segera berubah menjadi konflik sektarian antar umat Islam: Shiah dan Suni. [tjs]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.