Selasa, 22 Juli 2014 | 16:17 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Akankah Militer Mesir Todongkan 'Bedil' ke Mursi?
Headline
Presiden Mesir Mohammed Mursi - reuter
Oleh: TJS
web - Selasa, 10 Juli 2012 | 10:00 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Kairo – Belum lama menjabat, Presiden Mesir Mohammed Mursi kini diyakini akan berhadapan dengan kekuatan militer. Ini terjadi setelah Mursi mengeluarkan dekrit untuk mengaktifkan kembali parlemen yang sebelumnya dibekukan militer.

Sesuai perintah Mursi, para anggota parlemen datang ke gedung mereka Senin (9/7/2012). Mereka bisa memasuki gedung karena tidak ada personel militer yang menjaganya sejak sebulan lalu sudah meninggalkan gedung. Kendaraan-kendaraan militer juga tidak lagi tampak.

Namun, pengamat meyakini dekrit itu tidak akan mudah dilaksanakan. Sebab, militer diyakini tidak akan berdiam diri begitu saja menghadapi dekrit ini. Sejumlah pengamat percaya langkah Mursi ini membuka konfrontasi baik dengan pihak militer dan maupun dengan Dewan Tinggi Militer (SCAF).

Namun demikian, sejumlah kalangan lain percaya konfrontasi ini tidak akan membesar. Sebab, militer agaknya tidak terlalu keras dalam menghadapi Mursi. Itu terlihat dari minimnya pasukan keamanan yang berjaga-jaga di gedung parlemen, sehingga mudah bagi anggota parlemen untuk memasukinya.

Dewan Tinggi Militer (SCAF) mengambil alih kekuasaan setahun lalu ketika Hosni Mubarak jatuh. SCAF juga mengambil langkah berani sebulan lalu dengan membekukan parlemen dan mengambil alih kekuasaan parlemen. Alasannya, pelaksanaan pemilu tahun lalu yang mengasilkan parlemen saat ini melanggar undang-undang dasar. [tjs]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER