Senin, 24 November 2014 | 05:05 WIB
Follow Us: Facebook twitter
COMAC China Raih Order Besar Pesawat Penumpang
Headline
ist
Oleh: Bachtiar Abdullah
web - Senin, 2 Juli 2012 | 13:15 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Shangai – Agricultural Bank of China melalui anak perusahaan leasing miliknya, Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC), menandatangani kesepakatan pembelian 45 pesawat bikinan China C919 yang bisa mengangkut banyak penumpang.

ABC Financial Leasing yang menandatangani pesanan pembelian pesawat di Shanghai untuk menambah jumlah armadanya. Armada ini akan melayani permintaan penerbangan domestik yang makin ramai itu, tulis China Daily, Minggu (30/6).

Pemesanan ini adalah yang kedua kali dilakukan COMAC tahun ini, setelah Dewan Komisi Aviasi, sebuah badan yang 100 persen dimiliki bank sentral China, memesan 20 pesawat C919 pada Februari ketika Singapore Airshow digelar. Kesepakatan yang baru ditandangani kemarin itu merupakan komitmen pembelian pesawat oleh COMAC, dari total 280 pesawat yang dipesan 12 pembeli.

Permintaan ini menunjukkan kepercayaan pelanggan terhadap kinerja C919, ujar He Dongfeng, General Manager di COMAC. COMAC adalah sebuah perusahaan milik negara didirikan pada 2008 untuk mengembangkan pesawat penumpang domestik.

Pesawat C919 ini memiliki gang tunggal yang sempit hanya bisa menerbangi jarak pendek . Demikian pula pesawat jet ARJ21 yang dijkembangkan COMAC untuk menjelajah penerbangan pendek. Kedua pesawat ini sudah dipasarkan dalam beberapa tahun terakhir.

Di masa depan, menurut para eksekutif COMAC, akan dikembangkan pesawat jet yang bertempat duduk 168 kursi dan 156 kursi dengan model yang lebih segar.

China memang serius mengembangkan teknologi aviasi, termasuk mengirim astronot ke luar angkasa. Tapi harus diingat, pesawat Shukoi yang sudah melalui pengujian lama pun akhirnya bisa terjerembab dan meledak di Gunung Salak, Bogor. Di pasar pesawat-pesawat China belum teruji ketangguhannya. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER