Minggu, 21 Desember 2014 | 16:13 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Masih Ingat Gadis Napalm Asal Vietnam?
Headline
dailymail.co.uk
Oleh: Vina Ramitha
web - Minggu, 3 Juni 2012 | 12:00 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Foto gadis cilik berlari tanpa busana saat perang Vietnam itu amat tenar. Bagaimana dengan kisah si gadis itu sendiri?

Gadis cilik dalam foto 40 tahun lalu itu, diberitakan Daily Mail, kini seorang perempuan berusia 49 tahun, Kim Phuc. Ia masih ingat dengan jelas momen yang menyebabkan dirinya lari menyelamatkan diri, pada 8 Juni 1972 itu.

Phuc mendengar serdadu berteriak agar mereka menyelamatkan diri karena bom. Beberapa detik kemudian, Phuc melihat asap kuning dan ungu di Kuil Cao Dai, tempat ia dan keluarganya berlindung selama tiga hari terakhir.

Suara keras dari langit membuat Phuc mendongakkan kepanya di atas. Tempat ketika itu, pesawat Vietnam Selatan mendatangi tempat tersebut dan menjatuhkan banyak bom berbentuk telur. Ledakan demi ledakan terjadi.

Tanah berguncang dan Phuc ikut lari berhamburan karena bom napalm. Tangan kirinya terbakar dan bajunya meleleh karena tersiram napalm. Sebab itulah ia berlari tanpa busana.

Bersama kakak laki-lakinya, berlari di sebuah jalan. Ia tak melihat banyak wartawan asing yang berada di tempat itu saat berlari menuju mereka sambil berteriak, lalu pingsan.

Nick Ut, jurnalis foto Associated Press yang berusia 21 tahun, menjepret foto ikonik tersebut. Ut juga yang menyelamatkan Phuc dan mengantarkannya ke rumah sakit. Tadinya, Phuc tak ditolong. Namun Ut mengeluarkan kartu pers Amerika-nya.

Phuc berusaha keras menghilangkan kenangan buruk itu. “Saya ingin kabur dari gadis kecil itu. Tapi, fotonya seakan tak mengizinkan saya untuk melakukannya,” tutur Phuc, sambil melihat foto yang memenangkan Pulitzer Price itu.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER