Selasa, 23 September 2014 | 23:21 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Guru Sebaiknya Tidak Terlibat Politik Praktis
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh:
web - Sabtu, 7 April 2012 | 10:36 WIB

Pelaksanaan pemilu merupakan cerminan dari negara demokrasi, rakyat diberikan kebebasan untuk memilih calon pemimpinan maupun wakilnya di DPR.

Meskipun demikian tidak semua warga harus terlibat dalam politik praktis, termasuk para guru sebagai pendidik. Sebaiknya para guru menghindari keterlibatannya dalam prolitik praktis.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Peningkatan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Syawal Gultom meminta guru tidak terlibat kegiatan politik praktis. Jangan sampai para guru terlibat dalam politik praktis dan mengabaikan tugas pokoknya.

Guru sebaiknya fokus menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga pendidik pada bidangnya masing-masing. Kalau guru terlibat dengan politik praktis atau dilibatkan dalam politik praktis akan menjadi masalah, karena tentunya tugasnya sebagai pengajar akan tertinggal. Sebagai tenaga profesional, guru seharusnya independen dalam menjalankan profesi sebagai tenaga pengajar.

Dapat diibaratkan bahwa dokter harus menyelesaikan operasinya meski yang dioperasi ternyata seorang resedivis. Guru seharusnya juga seperti itu, tidak ada yang bisa menarik guru kesana kemari untuk berpihak pada kepentingan sekelompok orang.

Guru adalah kelompok yang sangat potensial ditarik bergabung dalam politik praktis. Namun tentunya tanggungjawab moral untuk mencerdaskan anak bangsa harus menjadi prioritas seorang guru.

Dini Kinanthi Putri

Jl. Raya Lenteng Agung, Gang 100,

Lenteng Agung, Jakarta Selatan

dinikina@gmail.com

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER