Selasa, 2 September 2014 | 18:32 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Dimana Keluarga Khadafi Saat Ini?
Headline
aljazeera.net
Oleh: Th. Asteria
web - Selasa, 30 Agustus 2011 | 13:03 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta – Pertempuran di Libya antara pemberontak dan loyalis semakin memanas dan menimbulkan kekhawatiran. Keluarga Khadafi pun tercerai berai. Dimana mereka saat ini?

Istri kedua Muammar Khadafi, dua putra dan putrinya telah memasuki Aljazair, tetangga barat Libya,. Hal ini diungkapkan kementerian luar negeri Aljazair.

"Istri dari Muammar Khadafi, Safia, putrinya Aisha, dan putranya Hannibal dan Muhammad, serta anak-anak mereka, masuk Aljazair pada 08:45 waktu setempat, melalui perbatasan Aljazair-Libya," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan pada Senin (29/8) yang diterbitkan kantor berita APS.

Namun, tidak ada informasi tentang Khadafi, yang keberadaannya tetap menjadi misteri sejak pemberontak menentang pemerintah yang menguasai Tripoli, ibukota Libya, pekan lalu.

Aljazair mengatakan kedatangan keluarga Khadafi telah dilaporkan kepada PBB dan kepala Dewan Nasional Transisi Libya [NTC], yang sekarang secara luas diakui internasional sebagai pemerintah yang sah Libya.

Bani Ahmed, juru bicara militer untuk NTC mengatakan terkejut mendengar Aljazair telah menyambut kerabat Khadafi. Ia pun menuduh Aljazair atas tindakan agresi dan mengatakan NTC akan mengekstradisi anggota keluarga Khadafi.

Hal ini mengingat selama pemberontakan Libya enam bulan terakhir, pihak pemberontak menuduh Aljazair menyediakan tentara bayaran untuk Khadafi untuk mengekang revolusi.

Jurnalis Al Jazeera dari Tripoli menyebutkan, ada rumor beberapa hari terakhir bahwa Khadafi dan anggota keluarganya telah pergi. "Pemerintah Aljazair selalu sangat baik dengan rezim Khadafi. Aljazair adalah salah satu dari sedikit negara yang belum mengakui NTC."

Hal ini didukung kantor berita Mesir MENA, yang mengutip pejuang pemberontak tak dikenal, bahwa bahwa enam mobil Mercedes lapis baja, telah membawa anak-anak Khadafi atau tokoh-tokoh rezim kelas atas, menyeberangi perbatasan di kota Libya barat daya Ghadamis ke Aljazair.

Namun, kementerian luar negeri Aljazair menyangkal laporan tersebut.

Sementara itu, Khamis Khadafi, putra lain Khadafi, yang dituduh unit militer membunuh puluhan tahanan di Tripoli, ditempatkan pada daftar paling dicari pengadilan untuk kejahatan perang internasional. Jaksa mengatakan kepada Reuters, Senin kemarin.

Pengadilan Pidana Internasional [ICC] yang berbasis di Den Haag telah menyetujui surat perintah penangkapan Khadafi, anaknya Saif al-Islam, dan kepala intelijen Libya Abdullah al-Senussi atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Luis Moreno-Ocampo, jaksa ICC, mengatakan juga akan meminta surat perintah penangkapan untuk Khamis, setelah Human Rights Watch mengatakan, anggota Brigade Khamis, pasukan yang diperintahnya, tampaknya telah melakukan eksekusi terhadap tahanan yang tubuhnya ditemukan di sebuah gudang di Tripoli.

"Kami tahu Khamis juga harus dituntut karena ia adalah komandan brigade yang lebih aktif pada beberapa kejahatan," kata Moreno-Ocampo.

Moreno-Ocampo mengatakan komisi Dewan Hak Asasi Manusia PBB akan melakukan penyelidikan lebih lanjut di Libya dan akan mendasarkan keputusan pada hasil yang diperolehnya.

Berikut adalah keberadaan putra Khadafi :

Muhammad: Dikabarkan telah memasuki Aljazair. Ia sempat ditangkap oleh para pejuang Libya di Tripoli, tetapi berhasil melarikan diri

Hannibal: Dia sekarang di Aljazair

Saif al-Islam: Diyakini telah pindah ke kota Bin Walid, selatan Tripoli

Saif al-Arab: Dibunuh oleh serangan udara NATO pada April

Tsulasa ': Ada rumor tentang kematiannya, tetapi belum dikonfirmasi

Adapun Saadi dan Mutasim belum diketahui keberadaannya.

[ast]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER