Jumat, 28 November 2014 | 00:00 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah 12 Pernikahan Termahal Abad Ini
Headline
Ki-ka (atas) Catherine Zeta-Jones - Michael Douglas, Tom Cruise- Katie Holmes, Paul McCartney - Heather MillsKi-ka (bawah) Prince William - Kate Middleton, Vanisha Mittal - Amit Bhatia, Prince Charles- Lady Diana - Foto: Ist
Oleh: Asteria
web - Sabtu, 30 April 2011 | 11:01 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Jejak ‘Pernikahan Abad Ini’ yang digelar orang tuanya 30 tahun lalu, tampaknya diikuti Pangeran William. Benarkah upacara pengikat janji sehidup semati ini adalah yang termahal dalam sejarah?

Biaya pernikahan Pengeran William dan Kate Middleton diperkirakan mencapai US$ 34 juta. Dana terbesar dihabiskan untuk kebutuhan keamanan. Selain akan menghabiskan US$ 800 ribu untuk bunga dan US$80 ribu untuk kue.

Pengantin pria adalah anak tertua dari Pangeran Charles dan Putri Diana yang juga menjadi calon kedua menuju tahta Inggris. Sedangkan pengantin perempuan adalah gadis berusia 29 tahun yang juga teman kuliah William di St Andrews.

Pernikahan ini dihadiri anggota kerajaan dan bangsawan, serta disaksikan ratusan juta pemirsa TV seluruh dunia. Namun, ternyata pernikahan ini menempati urutan ketiga termahal abad ini. Lalu, siapa 12 pasangan yang berhasil menggelar pernikahan berbiaya sangat besar dalam sejarah?

Pada urutan terakhir ditempati oleh aktor dan aktris Hollywood, Catherine Zeta-Jones dan Michael Douglas, dengan biaya mencapai US$ 1,5 juta pada 2005, atau US$ 1,6 juta ketika disesuaikan dengan inflasi.

Upacara yang berlangsung di New York's Plaza Hotel ini dijaga lebih dari 50 polisi sewaan. Tiara berlian yang dikenakan Catherine berbiaya US$300 ribu dengan baju pengantin buatan Christian Lacroix mencapai US$140 ribu.

Di urutan ke-11, dengan biaya US$ 2 juta pada 2006, atau US$ 2,2 juta ketika disesuaikan dengan inflasi juga merupakan pasangan Hollywood, yakni Tom Cruise dan Katie Holmes.

Pernikahan yang digelar di Odescalchi Castle abad ke-15 di luar kota Roma ini menampilkan kue putih coklat bertingkat lima, dihiasi mawar marzipan. Biaya termasuk US$900 ribu untuk tiket pesawat dan akomodasi tamu serta US$180 ribu untuk 300 botol anggur.

Sementara Christina Aguilera dan Jordan Bratman menempati urutan ke-10 pernikahan termahal dengan biaya US$ 2 juta pada 2005, atau US$2,2 juta ketika disesuaikan dengan inflasi.

Pernikahan bintang pop dan produser musik itu digelar di Napa Valley’s Staglin Family Vineyard dengan dekorasi tenda bertema musim dingin dengan mawar putih, perak dan kristal. Christina menghabiskan US$80 ribu untuk gaun bergaya Spanyol karya Christian Lacroix.

Posisi kesembilan adalah supermodel Elizabeth Hurley dan VP Senior Tyco, Arun Nayar, dengan biaya US$2,5 juta pada 2007, atau US$2,6 ketika disesuaikan dengan inflasi.

Pernikahan ini digelar dengan upacara selama delapan hari, dimulai dari Suderly Castle di Gloucestershire, kemudian pindah ke Umaid Bhawan Palace di Jodhpur. Mereka membayar US$300 ribu untuk jet pribadi dan lebih dari US$100 ribu untuk akomodasi, termasuk kamar pengantin US$10 ribu per malam di India.

Penulis lagu Paul McCartney dan aktivis PETA serta mantan model Heather Mills berada di peringkat kedelapan, dengan biaya pernikahan US$3 juta pada 2002, atau US$3,6 juta ketika disesuaikan dengan inflasi.

Pernikahan bertema India ini diadakan di Gereja St Salvador, Monaghan, Irlandia, dengan menampilkan penari India. Kemudian pesta vegetarian di puri sewaan senilai US$40 ribu, bunga US$145 ribu, dan kembang api senilai US$150 ribu. Paul, George, dan Ringo memainkan lagu baru, "Heather."

Sedangkan ikon bintang film Elizabeth Taylor dan pekerja konstruksi Fortensky Larry berada di posisi tujuh, dengan biaya pernikahan mencapai US$ 2,5 juta pada 1991, atau US$ 4 juta ketika disesuaikan dengan inflasi.

Pernikahan merupakan peristiwa terkenal yang menampilkan Michael Jackson sebagai ayah dari pengantin wanita di rumahnya Neverland Ranch, Liza Minnelli, Eddie Murphy dan Nancy Reagan.

Di urutan keenam adalah pernikahan produser musik David Gest dan Minnelli Liza yang merupakan bintang Broadway dan putri dari Judy Garland, dengan biaya mencapai US$3,5 juta pada 2002, atau US$4,2 juta ketika disesuaikan dengan inflasi. US$700 ribu dihabiskan pada bunga dan US$40 ribu untuk kue.

Acara yang menampilkan pendamping pria Michael Jackson dan tamu kehormatan Elizabeth Taylor, mungkin adalah pernikahan selebriti terbesar. Hiburan termasuk orkestra, Tony Bennett, Stevie Wonder, dan Natalie Cole.

Pernikahan putri presiden Bill Clinton, Chelsea Clinton dan Mezvinsky Marc, bankir investasi (Goldman Sachs dan kemudian G3) menduduki posisi kelima, dengan biaya sekitar US$5 juta pada 2010.

Biaya pernikahan termasuk US$600 ribu untuk tenda udara berpendingin, US$11 ribu untuk kue, serta gaun pengantin Vera Wang, dan kehadiran Oprah. Sisanya digunakan untuk biaya keamanan dan memanjakan diri 500 tamu.

Di posisi keempat, ada pemain sepak bola dengan honor tertinggi Wayne Rooney dan Coleen McLoughlin, gadis pekerja Inggris biasa. Pernikahan dengan biaya US$ 8 juta pada 2008 ini, berlangsung di vila abad ke-17 dan resepsi di biara abad pertengahan di medieval abbey high di atas Portofino.

Selain menyediakan penerbangan charter bagi 65 orang Inggris untuk terbang ke Genoa untuk bola bertopeng di atas yacht senilai US$120 juta .Para tamu dibagi beberapa hari antara yacht mahal dan hotel bintang lima.

Di urutan kedua, dengan biaya mencapai US$ 60 juta pada 2005, atau US$66 juta ketika disesuaikan dengan inflasi adalah Vanisha Mittal dan Amit Bhatia. Pengantin wanita adalah putri miliarder raja baja Lakshmi Mittal dan pengantin pria adalah bankir kelahiran London yang juga pemilik Swordfish Investasi.

Pernikahan ini menampilkan undangan yang dikirim dalam kotak perak, termasuk tiket pesawat dan kamar hotel bintang lima di Paris. Lima hari perayaan di puri abad ke-16 dan Versailles dan istana kayu. Selain pertunjukan Kylie Minogue, pelengkap Mouton Rothschild, dan tas desainer hadiah berisi permata.

Sedangkan urutan pertama pernikahan termahal masih dipegang oleh pasangan fenomenal Pangeran Charles dan Lady Diana, dengan biaya mencapai US$ 48 juta pada 1981, atau US$ 110 juta ketika disesuaikan dengan inflasi.

Pernikahan di St Paul's Cathedral ini dihadiri puluhan anggota kerajaan, disaksikan dua juta penonton, dan 750 pemirsa TV global. Diana mengenakan gaun puff meringue dengan ekor taffeta gading dan renda antik sepanjang 25 kaki. Kue pengantin 27 tingkat serta kue utama setinggi lima kaki dipersiapkan selama 14 pekan, dengan kue duplikat dibuat untuk antisipasi kecelakaan. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA POPULER